home kesehatan mengenal apa itu kanker payudara
Last update : 17 Juni 2024

Mengenal Apa Itu Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita di seluruh dunia. Kanker ini terjadi ketika sel-sel payudara mengalami pertumbuhan yang tidak terkontrol, membentuk massa atau tumor yang dapat menjadi ganas. Meskipun lebih sering terjadi pada wanita, kanker payudara juga dapat mengenai pria, meskipun dalam jumlah yang jauh lebih kecil.
 

Faktor Risiko dan Penyebab:

  1. Usia: Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Wanita yang lebih tua memiliki risiko lebih tinggi.
  2. Riwayat Keluarga: Jika ada riwayat kanker payudara dalam keluarga, terutama pada ibu atau saudara perempuan, risiko juga bisa meningkat.
  3. Mutasi Genetik: Mutasi pada gen BRCA1 (BReast CAncer1) dan BRCA2 (BReast CAncer2) dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
  4. Paparan Radiasi: Paparan radiasi di masa muda juga dapat meningkatkan risiko.
  5. Gangguan Hormonal: Faktor-faktor hormonal seperti menstruasi awal, menopause yang terlambat, serta terapi hormon pasca-menopause dapat mempengaruhi risiko kanker payudara.
     

Tanda dan Gejala:

  1. Benjolan pada Payudara: Benjolan atau massa yang terasa keras dan tidak terasa nyeri.
  2. Perubahan pada Kulit: Perubahan seperti kulit payudara yang kemerahan, berkerut, atau terasa seperti kulit jeruk.
  3. Perubahan pada Puting: Puting yang mengeluarkan cairan, kulit di sekitar puting yang mengelupas, atau perubahan bentuk puting.
  4. Nyeri atau Rasa Sakit: Meskipun nyeri tidak selalu menjadi tanda kanker, tetapi jika berkelanjutan atau tidak biasa, sebaiknya diperiksa.
  5. Apabil dengan keluar darah atau cairan berdarah dari puting payudara, ini adalah tanda yang perlu diwaspadai dan perlu diperiksa lebih lanjut oleh tenaga medis. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.
     

Pencegahan dan Deteksi Dini:

  1. Pemeriksaan Sendiri: Wanita yang berusia di atas 20 tahun sebaiknya secara rutin memeriksa payudara sendiri setelah menstruasi. Hal ini penting untuk membantu mendeteksi perubahan-perubahan yang tidak normal.
  2. Mammografi: Pemeriksaan mammografi atau radiologi disarankan setelah mencapai usia 40 sebagai bagian dari upaya deteksi dini.
  3. Pemeriksaan Rutin: Wanita dengan riwayat keluarga atau faktor risiko tinggi mungkin perlu menjalani pemeriksaan lebih sering
  4. Pengaturan Konsumsi Alkohol: Disarankan untuk menghentikan atau setidaknya membatasi konsumsi minuman beralkohol
  5. Polap Makan Sehat: Mengonsumsi makanan bergizi setiap hari merupakan langkah penting dalam pencegahan.
  6. Aktivitas Fisik Teratur: Berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah risiko kanker payudara.
     

Pengobatan dan Perawatan:

  1. Operasi: Mastektomi (pengangkatan seluruh payudara) atau lumpektomi (pengangkatan bagian tumor) adalah pilihan tergantung pada stadium dan karakteristik kanker.
  2. Kemoterapi: Penggunaan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker.
  3. Terapi Radiasi: Menggunakan sinar radiasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa setelah operasi.
  4. Pemeriksaan Rutin: Untuk pemeriksaan rutin, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter yang memiliki pengetahuan dan pengalaman lebih dalam. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan setiap bulan
     

Pentingnya Dukungan dan Kesadaran: Kanker payudara bukan hanya tentang fisik, tetapi juga memengaruhi aspek emosional dan psikologis. Dukungan dari keluarga, teman, dan dukungan psikologis sangat penting selama proses pengobatan.

Kesimpulan: Setiap wanita, khususnya mereka yang berusia antara 40 hingga 49 tahun, sangat disarankan untuk menjalani pemeriksaan radiologi payudara setiap tahun. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi kelainan yang bisa mengindikasikan kanker payudara. dan untuk memahami pentingnya deteksi dini, pencegahan, dan perawatan terkait kanker payudara. Dengan pengetahuan yang tepat, deteksi dini, dan perawatan yang tepat, peluang kesembuhan dari kanker payudara dapat meningkat secara signifikan.

 Ⓒ 2024 farel.id - All Right Reserved